Strategi Pembelajaran Guru PAK dalam Menanamkan Nilai Moral dan Spiritual pada Anak Berkebutuhan Khusus
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Guru, Moral, Spiritual, Anak berkebutuhan KhususAbstract
Education is a systematic process in which the education system involves cognitive transfer, moral and spiritual values in every child. Learning strategy is a method in learning where when preparing the strategy it is necessary to have creative ideas so that in the learning process carried out can make students feel happy and they can accept every learning well. And they can experience the maximum learning process. This is not only for teachers who are like in general but this is the difference that must be used by Christian Religious Education teachers, namely serving with love and love and instilling a sense of acceptance in children with disabilities. Using a descriptive qualitative method with a literature study approach, it can be concluded that, a Christian religious education teacher is an educator who must be able to consider the application of effective learning strategies, because Christian Religious Education teachers have a very important role, in providing or introducing moral and spiritual values to children with disabilities, so that the strategies applied can increase moral and spiritual awareness in children with disabilities. This can have a positive impact on their behavior and personality. And the child can become a strong person. to instill moral and spiritual values in children with special needs.
Abstrak
Pendidikan merupakan suatu proses yang bersifat sistematis yang dimana dalam sistem pendidikan ini melibatkan transfer kognitif, nilai moral dan spiritual pada setiap anak. Strategi pembelajaran adalah suatu metode dalam pembelajaran yang dimana ketika mempersiapkan strategi itu perlu sekali yang namanya ide-ide kreatif supaya dalam proses pembelajaran yang dilakukan bisa membuat para anak didik merasa senang dan mereka bisa menerima stiap pembelajaran dengan baik. Dan mereka bisa mengalami proses belajar yang maksimal. Hal ini tidak hanya untuk guru yang seperti pada umumnya tetapi hal ini yang menjadi pembeda yang harus digunakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen yaitu melayani dengan cinta dan kasih dan penanaman rasa penerimaan pada anak berkebutuhan khusus. Menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan studi pustaka maka dapat disimpulkan bahwa, guru pendidikan agama kristen merupakan seseorang pendidik yang harus bisa memepertimbangkan penerapan strategi pembelajaran yang efektif, karena guru pendidikan agama Kristen punya peranan sangat penting, dalam menberikan atau memperkenalkan nilai moral dan spiritual pada anak anak berkebutuhan khusus, sehingga strategi yang diterapkan bisa meningkatkan kesadaran moral dan spiritual pada anak berkebutuhan khusus. Dan bisa berdampak positif dalam perilaku dan kepribadian mereka. Dan anak tersebut bisa menjadi pribadi yang tangguh. untuk menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual pada Anak Berkebutuhan Khusus.
References
Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” Jurnal Buana Pengabdian 1, no. 1 (2019): 66–72.
Amos Neolaka, Grace Amelia A. Neolaka. Landasan PendidikanDasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana, 2017.
Andani, Fidhia, Ranti Octavia, Della Pahera, Sentia Alisah, Wensika Erda, and Nini Sari Andani. “Strategi Guru Dalam Memberikan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas III Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 5 Kota Bengkulu.” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP) 4, no. 1 (2023): 152–65.
Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.
Asrori, Mohammad. “Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 5, no. 2 (2013): 26.
Belay, Yosep, Yanto Paulus Hermanto, and Rivosa Rivosa. “Spiritualitas Alkitabiah Sebagai Hakikat Kepemimpinan Kristen Masa Kini.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 4, no. 2 (2021): 183–205.
Boiliu, Fredik Melkias, and Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital Terhadap Pembentukan Spiritualitas Dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (October 2020): 76–91. https://doi.org/10.46305/IM.V1I2.18.
Cahyono, Benaya Dwi and Budiyana, Hardi. “Strategi Pendidikan Kristen Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Slow Leaner.” Jurnal Teologi Berita Hidup 6, no. 1 (2020): 346–66.
Darmansyah. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010.
Elwell, Walter A. Analisa Topical Terhadap Alkitab. Malang: Departemen Literatur SAAT, 2003.
Fakhiratunnisa, Safira Aura, Asyharinur Ayuning Putriana Pitaloka, and Tika Kusuma Ningrum. “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus.” MASALIQ 2, no. 1 (2022): 26–42.
Gulo, Ya’aman, Talizaro Tafonao, and Rita Evimalinda. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 2, no. 1 (2021): 62–74. https://doi.org/10.51615/sha.v2i1.40.
Hajar, Siti, and M G Sri Roch Mulyani. “Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan Dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).” Jurnal Mitra Swara Ganesha 4, no. 2 (2017).
Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (2021): 24–31.
Ibrahim, Muslimin. “Hakikat Kurikulum Dan Pembelajaran.” Modul Pembelajaran, 2014, 1–42.
Kurniawan, Deni. Pembelajaran Terpadu. Bandung: CV. Pustaka Cendekia Utama, 2011.
Lazar, Frans Laka. “Pentingnya Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” JKPM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 12, no. 2 (2020).
Mbeo, Ella Tesalonika, and Andreas Bayu Krisdiantoro. “Pembinaan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah.” Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2021): : 17-29.
Risnayanti, Risnayanti, and Yane Henderina Keluanan. “Peran Guru PAK Dalam Menanamkan Nilai Nilai Moral Bagi Peserta Didik Usia 7-12 Tahun.” Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama 1, no. 2 (2023): 26–38.
Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (2021): 29–42.
Rosleny, B, Muhammad Basri, and others. “Analisis Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di SD Negeri Unggulan Mongisidi I Makassar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022): 1441–58.
Saputra, Angga. “Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif.” Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, no. Vol 1 No 3 (2016).
Sejati, Sugeng. “Perkembangan Spiritual Remaja Dalam Perspektif Ahli.” Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak 1, no. 1 (2016).
Setiawati, Fenty. “Manajemen Strategi Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan 30, no. 1 (2020): 57–66.
Setyobekti, Andreas Budi, Gidion Hery Susanto, and Belladina Barus. “Penanaman Nilai Mengampuni Kepada Siswa SMTK Bethel Guna Meningkatkan Pertumbuhan Spiritualitas.” Pneumata: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2021): 49–55.
Silitonga, Tarida Hetting. “Hubungan Kompetensi Spritual Dan Motivasi Mengajar Guru PAK Dengan Prestasi Belajar PAK Siswa SMP Swasta HKBP Sibolga Tahun Pembelajaran 2019/2020.” Jurnal Euangelion 1, no. 1 (2021): 31–40.
Simbolon, Budiono, Putri Paskah Zebua, Dormasi Gultom, and Mulina Tarigan. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai, Moral Dan Sikap Siswa SD. Negeri 064998.” Jurnal Abdimas Maduma 1, no. 2 (2022): 44–49.
Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30. https://doi.org/10.34307/peada.v2i1.27.
Sumiati, Sumiati, and Reni Triposa. “Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 69–84.
Susanti, Devi Kristi, Bennydektus Bennydektus, and Yublina Kasse. “Signifikansi Guru Pak Dalam Meningkatkan Kualitas Iman Dan Moralitas Peserta Didik Di Era Postmodernisme.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 155–70.
Sutri, Yerlin Vinni, Tarisih Tarisih, Susanti Embong Bulan, and Nova Liesye Lumempouw. “Peran Pendidikan Musik Terhadap Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Mempelajari Pendidikan Agama Kristen.” Indonesia Journal of Religious 4, no. 2 (2021): 13–22.
Syaparuddin, Syaparuddin, and Elihami Elihami. “Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral.” Jurnal Edukasi Nonformal 1, no. 1 (2019): 173–86.
Timo, Melda Miryam. “SIGNIFIKANSI PENGAJARAN GURU PAK TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL ANAK USIA 5-11 TAHUN.” Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta, 2021.
Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (2021): 124–43.
Ulva, Maria, and Rizki Amalia. “Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif.” Journal on Teacher Education 1, no. 2 (2020): 9–19.
Usmany, Janeman. “Spiritualitas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Teori Perkembangan Kepercayaan Fowler Dan Teori Perkembangan Moral Kohlberg: Penafsiran Perspektif Al-Kitab.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan 1, no. 2 (2018): 100–105.
Yonatan Alex Arifianto. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Di Tengah Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI 6, no. 2 (June 2021): 362–87. https://doi.org/10.46307/RFIDEI.V6I1.84.
Yuliana, Lia. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah WUNY 15, no. 1 (2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Poerti Poerti, Yonatan Alex Arifianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
About copyright, the authors agree to the following terms:
1. Rights of Authors: The authors retain copyright and other proprietary rights relating to the article. The authors are also permitted to reuse the substance of the article on personal websites, institutional repositories, or other purposes such as further research, lectures, books, or class discussions with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
2. Warranties from Authors: The author warrants that the article is original, written by the stated author(s), has not been previously published, contains no unlawful statements, does not infringe on the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that the author has obtained any necessary written permissions to quote from other sources.
3. License to Publish and Archive: The authors grant Rumah Kristus: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen the right of first publication and distribution in electronic and print editions of the article simultaneously under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0). If the manuscript is accepted to be published, the author should fill, sign and send back the License to Publish Agreement form. The authors also agree to grant Rumah Kristus: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen the right to create and store electronic archival copies of the article.