Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Agama Kristen

Authors

  • Cikha Saputri Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga
  • Yonatan Alex Arifianto Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga https://orcid.org/0000-0001-5422-1261
  • Reni Triposa Sekolah Tinggi Teologi Sangkakala, Salatiga

Keywords:

Media pembelajaran, Interaktif, Pendidikan Agama Kristen, Digital

Abstract

Christian Religious Education plays an important role in the world of education because in addition to teaching moral and spiritual values, it also introduces students to the deep teachings of faith and introduces them to Christ.  The purpose of this study is to examine how the use of interactive media can increase students' active participation in the teaching and learning process, update teaching methods, and facilitate understanding of Christian teaching materials. Using a qualitative method with a literature study approach, the conclusion of this research seeks the development of interactive media can be applied in Christian Religious Education because there will be renewal in the classroom to be able to involve active students during the teaching and learning process. Student activeness is needed in learning because the reciprocity shows that the material that the teacher shares can be accepted and criticized by students.  By using engaging technologies such as apps, videos and online learning media, students can more easily access information and interact with learning materials. Interactive media also allows for a more personalized approach, allowing each student to learn at their own pace and learning style. The novelty of this article lies in the application of modern technology in Christian Religious Education, which allows a more personalized approach and is relevant to the needs of students in the digital era, as well as making learning more effective and fun. This can be a solution to overcome the challenges of traditional and less engaging classroom teaching of religion.

Abstrak

Pendidikan Agama Kristen memegang peranan penting dalam dunia pendidikan karena selain mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual, juga mengenalkan siswa pada ajaran iman yang mendalam dan memperkenalkan mereka Kristus.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana penggunaan media interaktif dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar, memperbarui metode pengajaran, serta mempermudah pemahaman materi ajaran Kristen. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study literatur, maka kesimpulan penelitian ini mengupayakan pengembangan media interaktif dapat diterapkan dalam Pendidikan Agama Kristen karena akan terjadi pembaharuan dalam kelas untuk dapat melibatkan siswa aktif saat terjadinya proses belajar mengajar. Keaktifan siswa sangat dibutuhkan dalam pembelajaran karena adanya timbal balik tersebut menunjukkan bahwa materi yang pengajar bagikan dapat diterima dan dikritisi oleh siswa. Dengan menggunakan teknologi menarik seperti aplikasi, video, dan media pembelajaran online, siswa dapat lebih mudah mengakses informasi dan berinteraksi dengan materi pembelajaran. Media interaktif juga memungkinkan pendekatan yang lebih personal, memungkinkan setiap siswa belajar dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri. Adupun kebaharuan dari artikel ini terletak pada penerapan teknologi modern dalam Pendidikan Agama Kristen, yang memungkinkan pendekatan lebih personal dan relevan dengan kebutuhan siswa di era digital, serta menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan. Hal ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan dalam pengajaran agama di kelas yang tradisional dan kurang menarik.

References

Abdullah, In Hi, Wilda Syam Tonra, Wahyuni Ansar, Weni Dwi Pratiwi, Astuti Sailila, Yati Ismadi, Winda Syam Tonra, and Dahlan Wahyudi. “Penerapan Metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Tunagrahita Sedang.” Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 12, no. 1 (2023): 14–24.

Abdussamad, H Zuchri, and M Si Sik. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M.Si Dr. patta Rapanna. SE. Cetakan 1. CV. Syakir Media Press, 2021.

Agung, Hendra, and Saputra Samaloisa. “Optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pendidikan Agama Kristen : Mengintegrasikan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik” 3, No (2024): hal 80-98.

Alunat, Yermias Eliasar. “Analisis Deskritif Pengajaran Yesus Tentang Penyesatan Anak Berdasarkan Matius 18:6-11 Dan Implementasinya Bagi Guru Pak Masa Kini.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 5, no. 2 (2024): 263–274.

Amalida, Lusi, and Leli Halimah. “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal 4, no. 1 (2023): 54–60.

Ambarita, Jenri. “Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19.” Prosiding Snitt Poltekba Vol 4 (202 (2020): 370–380.

Anak-anak, Hati, Herelius Nius, Gregorius Daru Wijoyoko, and Istoto Raharjo. “Menumbuhkan Akar Iman : Pendekatan Kreatif Membawa Kitab Suci Ke” 5 (2024).

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Azizatunnisa, Fatkhil, Tunjungsari Sekaringtyas, and Uswatun Hasanah. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6, no. 1 (2022): 14–23.

Boiliu, Fredik Melkias, Yasrid Prayogo Kurniawan, Sari Handayani, Sekolah Tinggi, and Teologi Pelita. “Melintasi Batas Tradisional : Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Agama.” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Agama dan Filsafat Volume. 1, no. 1 (2024): 56–73.

Chrisantina, Vita Santa. “Efektifitas Model Pembelajaran Moderasi Beragama Dengan Berbasis Multimedia Pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan dan Pelatihan 5, no. 2 (2021): 79–92.

Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, Arita Marini. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2, no. 2 (2022): 367.

Edukasi, Jurnal Global. “Pendidikan Agama Kristen Melalui Model Alisaba Lombu SD Negeri Tuhegeo II Gunungsitoli Idanoi , Kota Gunungsitoli” 3, no. 5 (2020): 249–254.

Gaol, S P L, H B Uno, N Y Kandowangko, and ... “Konseptual Teoritis Dan Implementasi Praktis Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022): 4765–4775.

Giawan, Hasan Nadir. “Peranan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Pintu Cerdas.” Jurnal Teologi Rahmat 10, no. 1 (2024): 30–42.

Gultom, Mangarimbun. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 4, no. 1 (2024): 17–30.

Hakim, Arif Rahman, and Husen Windayana. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 4, no. 2 (2016).

Heriyati, Tri Setyo. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Dengan Model Pembelajaran Berbasis Problem Solving Pada Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Ilmu-ilmu Sosial 19, no. 2 (2022): 713–720.

IRWANSYAH, NUR, and ARINAH FRANSORI. “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Bangsa Dalam Permainan Tradisional Di Wilayah Kelurahan Meruyung Depok.” COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (2021): 89–99.

Iswara, Dina Mawar, and Pelita Bayhaqi A. “Metode Pembelajaran Yang Sesuai Untuk Peserta Didik.” Karimah Tauhid 3, no. 5 (2024): 5984–6013.

Lailan, Alfina. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 3, no. 7 (2024): 3257–3262.

Latif Abdul. “Di Era Perkembangan Teknologi, Komunikasi Dan Informasi Yang Semakin Pesat, Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Ini Dapat Terlaksana Dengan Menggunakan Berbagai Platform, Baik Berupa Learning Management System Maupun Bentuk Video Conference. Learning.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 1, no. 1 (2021): 11–20.

Lestari, Hayyu Anna. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Microsoft PowerPoint Dengan Fitur Action Untuk Sekolah Dasar.” Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2022): 915–930.

Londa, G P. “Pemanfaatan Media Digital Untuk Kegiatan Belajar Mengajar Interaktif Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 2 (2022): 4232–4236.

Luh, Ni, and Putu Ekayani. “Pentingnya Penggunaan Media Siswa.” Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, no. March (2021): 1–16.

Mailani, Elvi. “Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan.” Elementary School Journal PGSD FIP Unimed (2015): 8–11.

Manurung, Mariana Putri, and Dorlince Simatupang. “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita Di TK ST Theresia Binjai.” Jurnal Usia Dini 5, no. 1 (2019): 67.

Maria Elisa Tulangouw. “Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Educatio Christi 1, no. 3 (2020): 212–223.

Maryani, Dwi. “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika.” Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi 6, no. 2 (2014): 18–24.

Maulidiyah, Farah Nayla. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan 29, no. 2 (2020): 93–100.

Moh. Ayuub Alamsyah1*, Sagaf S. Pettalongi2 & Nurdin Nurdin3. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Society 5.0.” Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Era Society 5.0 2, no. 1 (2023): 132–137.

Muhaniyah, Lina Hidayatul, Rifa Suci Wulandari, and Rohmad Arkam. “Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng Terhadap Nilai Karakter Kejujuran AUD.” Jurnal Mentari 1, no. 2 (2021): 86–93.

Mukaromah, Euis. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 4, no. 1 (2020): 179–185.

Narunita, Witsuka Jati, and Anggun Badu Kusuma. “Analisis Prinsip Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika.” Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika 4, no. 2 (2023): 162.

Nurfadhillah, Septy, Citra Dzakiyyah Shadiqa, Rezi Reki Refaldi, Thalia Nindy Hasri, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “Pengembangan Media Visual Sebagai Upaya Menyampaikan Materi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Muncul 1.” BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains 3, no. 1 (2021): 177–197.

Pingga, Yulia Susanti. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 201–222.

Rikawati, Kezia, and Debora Sitinjak. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif.” Journal of Educational Chemistry (JEC) 2, no. 2 (2020): 40.

Ruswan, Acep, Suhaedah, and Intan Nurunnahar. “Analisis Perilaku Berbicara Kasar Siswa Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Fenomenologi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD (2021): 597–607.

Safitri, Sri. “Menapaki Masa Depan Pendidikan: Tren ‘Edtech’ 2024.” Kompas.Com. Last modified 2023. Accessed October 10, 2024. https://www.kompas.com/tren/read/2023/12/28/120000665/menapaki-masa-depan-pendidikan--tren-edtech-2024.

Sari, Eka Rosmitha, Muhammad Yusnan, and Irman Matje. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran.” Jurnal Eduscience 9, no. 2 (2022): 583–591.

Sinaga, Edin, Sumatera Utara, Materi Peran Manusia, Metode Permainan, Puzzles Picture, and Siempat Nempu. “Metode Permainan Puzzles Picture Game Siswa Kelas VII Semester 1 Smp Negri 1 Siempat Nempu” 3, no. 1 (2023): 254–261.

Syihabudin, Syahna Apriani, and Trisna Ratnasari. “Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) 2, no. 1 (2020): 21–31.

Tatminingsih, Sri. “Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2019): 183.

Terhadap, Kajian, and Efektivitas Dalam. “Theologia Insani” 3, no. 2 (2024): 1–14.

Warsita, Bambang. “Evaluasi Media Pembelajaran Sebagai Pengendalian Kualitas Evaluation of Instructional Media As a Quality Control.” Jurnal Teknodik 17, no. 1 (2013): 438–447.

Widhiasih, Angger Prima, and Sandra Yunita. “Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini.” Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini 10, no. 1 (2021): 1.

Zega, Yunardi Kristian. “Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik.” Jurnal Apokalupsis 13, no. 1 (2022): 70–92.

Downloads

Published

2023-09-18